9 Kuliner Khas Kota Pontianak, Dijamin Enak Pol!

2024-09-20 12:36:09
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com – Pontianak dikenal sebagai kota kuliner. Ini karena kota ini memiliki beragam kuliner khas yang lezat.

Sebab itu, tak heran, banyak orang luar yang datang ke Pontianak, termasuk para artis memburu kuliner-kuliner yang lezat.

Nah, apa saja kuliner khas Kota Pontianak yang wajib diketahui dan dicicipi? Berikut ulasannya. Mari disimak! 

Mie Kepiting Pontianak

Mie kepiting Pontianak Ini adalah hidangan ikonik. Mie kepitng Pontianak biasanya disajikan dengan lumpia (spring roll) dan daging kepiting yang lezat. Hidangan ini kaya rasa dan sangat populer di kota Pontianak.

Soto Pontianak

Soto Pontianak adalah soto berkuah kuning yang biasanya disajikan dengan daging ayam atau sapi. Kuahnya kaya rempah dan biasanya disajikan dengan nasi atau lontong.

Pengkang

Nah, yang satu ini, adalah hidangan ketanberisi kelapa. Pengkang memiliki tekstur yang unik dan rasa manis yang khas, dengan sambalnya.

Kerupuk Kubang

Kerupuk Kubang adalah kerupuk ikan yang terkenal di Pontianak. Terbuat dari daging ikan yang digiling halus dan dibentuk menjadi kerupuk. Biasanya disajikan sebagai makanan ringan.

Rujak Juhi

Hidangan ini adalah salad buah dengan bahan utama yaitu cumi kering yang dimasak dengan saus manis pedas.

Kue Apam

Kue apam adalah kue tradisional yang terbuat dari beras ketan dan gula merah yang dimasak dalam cetakan khusus hingga matang. Kue ini memiliki rasa gurih dan manis.

Roti Cane

Roti Cane adalah roti tipis yang biasanya disajikan dengan kari atau daging rendang. Rasanya lezat dan merupakan warisan kuliner dari budaya India yang ada di Pontianak.

Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan adalah hidangan khas Kalimantan Barat yang terbuat dari nasi ketan yang dikukus dalam anyaman janur kelapa. Biasanya disajikan dengan hidangan berkuah.

Nasi Jagung

Nasi jagung sendiri merupakan hidangan nasi yang terbuat dari jagung kuning yang dihaluskan. Rasanya unik dan sering disajikan dengan lauk pauk khas daerah.

Nah, itulah makanan-makanan atau kuliner khas Kota Pontianak yang dijamin enak Pol. Pensaran? silakan datang ke kota ini.***

Leave a comment