Pemprov Kalbar Komitmen Bangun Sektor Pertanian

2024-09-20 11:14:44
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, memastikan berkomitmen mendukung pembangunan sektor pertanian Kalbar.

Salah satunya melalui dukungan program penyediaan sarana dan prasarana pertanian, penelitian, serta penetapan lahan pangan pertanian.

"Kita terus menggenjot bantuan berupa benih tanaman pangan dan hortikultura, sarana produksi lainnya serta alat dan mesin pertanian," kata Pj Sekda Kalbar, Muhammad Bari belum lama ini.

Upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi itu tak lain untuk mendorong peningkatan produksi tanaman pangan dan hortikultura.

Di sisi lain, Pemprov Kalbar juga telah melaksanakan penelitian dan pengembangan yang bekerja sama dengan peneliti eksternal, seperti dari pihak universitas negeri ataupun universitas swasta.

"Adapun penelitian yang dilaksanakan menyesuaikan dengan tema RKPD setiap tahunnya," terang Muhammad Bari.

Di sisi lain, Pemprov Kalbar juga melakukan perlindungan lahan pertanian. Salah satunya menyusun proses penetapan Lahan Pangan Pertanian Berkelanjutan (LP2B) yang ditetapkan melalui keputusan bupati dan wali kota.

"Sampai saat ini, sudah ada empat kabupaten yang memiliki dokumen LP2B di antaranya Kabupaten

Sambas, Kabupaten Kayong Utara, Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Kubu Raya," terangnya.

Di tahun 2023 ini, sedikitnya tiga Kabupaten yang sedang berproses dalam pembuatan dokumen LP2B yaitu Kabupaten Sanggau, Kabupaten Landak Dan Kabupaten Ketapang.

"Kemudian untuk tahun 2024, akan dilanjutkan dengan Kabupaten Mempawah, Kota Singkawang, Kabupaten Sintang, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Melawi Dan Kabupaten Kapuas Hulu," pungkasnya. (andi)***

Leave a comment