Program KUM Bank Kalbar Buat Usaha Lesly Berkembang

2024-09-20 09:39:58
Lesly Fatimah kembangkan usaha dimsum lewat pinjaman modal KUM Bank Kalbar. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Kredit Usaha Mikro atau KUM Bank Kalbar benar-benar memberikan manfaat besar bagi pelaku ekonomi kecil.

Mahasiswi Polnep Pontianak bernama Lesly Fatimah Hatta telah membuktikannya. Gadis berusia 22 tahun ini, memiliki usaha kuliner dimsum mini.

Usahanya kini kian berkembang setelah mendapatkan kucuran dana KUM sebesar Rp5 juta tahun 2023. Meski terbilang usaha kecil, namun hasilnya bisa maksimal.

Lesly memulai usahanya berawal dari kesenangan mengolah penganan. Akhirnya muncul ide menjual dimsum aneka rasa. Di antaranya rasa ayam dan udang.

Tak hanya itu, ia juga menjual kerupuk dari makaroni dengan rasa balado, rasa jagung dan ori. Lokasi usahanya berada di Jalan K.H Abdurrahman Wahid, Komplek Istana Griya 1, Blok C1, No. 20 Pontianak.

Lesly bercerita, promosi usaha ini dilakukannya di media sosial. Tak disangka ia kebanjiran pesanan. Baru berjalan beberapa bulan, usahanya sempat terhenti lantaran Lesly harus mengikuti pertukaran mahasiswa di Bandung selama lima bulan.

Januari kemarin dia baru kembali ke Pontianak. Lesly pun kemudian tancap gas memulai kembali usahanya.

Dalam satu hari, Lesly mengaku pesanan yang masuk bisa mencapai 200 pcs, dan ia sendiri yang mengantarkan semua pesanan tersebut.

Selain menerima pesanan, dimsum mini Lesly juga disebar di beberapa rumah makan atau warung-warung.

Untuk pesanan kerupuk, biasanya mencapai 50-an kantong perhari. Kerupuk ini dia titipkan di warung-warung dengan harga Rp5.000 per kantongnya.

“Titipan ini selalu habis setiap hari,” katanya.

Lesly lega, karena pinjaman modal KUM sangat membantu usahanya jualan dimsum.

"Pinjaman modal usaha ini, walaupun kecil terasa sangat membantu usaha saya. Omset pun bisa bertambah," tutur Lesly.

Ia berkeinginan terus mengembangkan usaha. Sampai bisa punya toko sendiri. Minimal memanfaatkan rumah untuk buka toko kecil-kecilan.

“Namun tentu itu membutuhkan modal yang tidak sedikit. Rencananya, saya akan memanfaatkan lagi kredit dari Bank Kalbar," pungkasnya.***

Leave a comment