Kabut Asap Mulai Landa Pontianak, BPBD Diminta Terus Antisipasi Kebakaran Lahan

2024-09-20 08:34:15
Ilustrasi - Petugas Damkar melakukan pemadaman kebakaran lahan di Jalan Reformasi, Gang Pertanian, Kamis (21/3/2024) siang. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Kota Pontianak mulai diselimuti kabut asap seiring sepekan hujan tak turun dan cuaca panas melanda sehingga memicu kebakaran lahan.

Kondisi ini menjadi perhatian Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian. Ia meminta Satgas BPBD terus melakukan monitoring mencegah terjadinya kebakaran lahan di Pontianak.

Ani Sofian memastikan, sampai saat ini belum ada wilayah di Kota Pontianak yang mengalami kebakaran lahan. Namun, pencegahan terus dilakukan.

"Tadi Kepala BPBD melaporkan ke saya Satgas terus melakukan pengawasan," kata Ani Sofian.

Ani menyebut ada beberapa wilayah di Kota Pontianak yang rawan kebakaran lahan. Misalnya di Kecamatan Pontianak Selatan dan Tenggara, karena masih banyak lahan gambut. Karenanya, dua wilayah ini menjadi atensi BPBD untuk terus dipantau.

"Tapi sampai saat ini belum ada titik api,” kata Ani Sofyan.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Kota Pontianak juga belum melaporkan peningkatan kasus infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA yang biasanya muncul seiring kabut asap melanda.

Namun, laporan Dinas Lingkungan Hidup Kota Pontianak mengingatkan, kondisi udara dalam batas toleransi.

Karena itu, Ani Sofyan mengimbau masyarakat untuk tidak membakar di lahan-lahan gambut dan mulai mengurangi aktivitas di malam hari karena kabut asap kiriman mulai melanda Kota Pontianak. Terutama di malam hari.***

Leave a comment