Cawagub Didi Haryono Hadiri Peringatan Kelahiran Nabi Kongzi 2575, Ketua Matakin Ajak Jaga Persatuan

2024-09-29 20:26:55
Calon wakil gubernur Kalbar nomor urut 1, Didi Haryono menghadiri peringatan Kelahiran Nabi Kongzi 2575 yang digelar Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia yang digelar di Pendopo Gubernur Kalbar, Minggu (29/9/2024). (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Calon wakil gubernur Kalbar nomor urut 1, Didi Haryono menghadiri peringatan Kelahiran Nabi Kongzi 2575 yang digelar Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia yang digelar di Pendopo Gubernur Kalbar, Minggu (29/9/2024). 

Acara ini juga dihadiri Cagub Kalbar nomor urut 2, Ria Norsan, Kakanwil Kemenag, tokoh agama dan masyarakat. 

Acara dibuka staf gubernur bidang sosial dan SDM, Alexander Rombonang. Setibanya di Pendopo Gubernur, mantan Kapolda Kalbar ini disambut hangat masyarakat. 

Pria kelahiran Sambas 1962 tahun ini, menyalami pengurus Matakin serta masyarakat yang hadir dalam acara ini. 

Ketua Matakin, Sutadi menekankan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan. Apalagi, momentum Pilkada 2024 makin dekat yang kerap berpotensi menimbulkan api gesekan.

"Karena itu, kita berharap bersama-sama menjaga kedamaian," pesannya. 

Senada, Kepala Kemenag Kalbar, Muhajirin Yanis mengapresiasi peringatan kelahiran nabi kongzi. Apalagi dengan tema yang diangkat dalam peringatan ini sanggatlah relevan. 

"Seorang Jun Zi (Susilawan) mau berlomba, tetapi tidak mau berebut, mau berkumpul, tetapi tidak mau berkomplot (Lun Yu:XV. 22)," katanya. 

Menurut, Muhajirin tema ini sangat relevan dengan kondisi di mana akan memilih pemimpin daerah. Masyarakat Kalbar termasuk umat Konghucu dapat menjaga situasi yang kondusif. 

"Perbedaan pilihan tidak boleh membuat kita terpecah belah. Agama sumber ajaran yang mengajarkan kebajikan dan mengajarkan nilai-nilai," pungkasnya. 

Leave a comment